Tutorial Cara Memanjangkan Garis atau Objek Menggunakan Perintah Extend di AutoCAD

Setelah saya membuat artikel memanjangkan objek dengan menggunakan perintah stretch, pada kali ini saya ingin menjelaskan mengenai cara memanjangan objek dengan peritntah extend. Extend adalah cara atau teknik memanjangkan atau objek yang ada di AutoCAD dengan adanya batasan objek juga. Artinya kita bisa memanjangkan garis sesuai dengan batasan objek lainnya dan hanya bisa diperpanjang ke satu arah saja atau dalam arah lurus saja. Ini adalah merupakan salah satu perbedaan antara perintah stretch dan perintah extend.

Jika masih kurang paham kalian bisa melihat contoh yang sudah saya buat di bawah ini. Hanya menggunakan kata-kata sepertinya kalian belum bisa membayangkan bagaimana hasil dari memanjangkan garis menggunakan perintah extend. Berikut sedikit bayangannya.
Sebelum

Sesudah


Nah, agar lebih paham lagi kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini, ada dua cara untuk menggunakan metode extend ini yaitu yang pertama dengan metode dimana objek batasan yang kita inginkan dapat kita tentukan terlebih dahulu lalu selanjutnya objek dipanjangkan sesuai dengan batasan yang kita inginkan. Lalu, yang kedua adalah metode yang sebaliknya dimana batasan tidak dapat kita tentukan sendiri melainkan batasan dari objek tersebut adalah batasan pertama yang menemui objek yang ingin diperpanjang.

Metode Pertama
1. Siapkan objek yang ingin diperpanjang dan objek batasan yang ingin digunakan.

2. Ketik ex, lalu enter.

3. Lalu seleksi atau klik objek yang menjadi batasan dari objek yang ingin kalian panjangkan lalu tekan enter.

4. Selanjutnya klik atau seleksi objek yang ingin diperpanjang.

5. Maka objek tersebut sudah memanjang sesuai dengan batasan


Metode Kedua
1. Siapkan objek yang ingin kalian perpanjang dan jangan lupa harus ada objek lainnya sebagai batasan perpanjangan objeknya.

2. Ketik ex untuk menjalankan perintah exend lalu enter 2 kali.

3. Lalu, seleksi atau klik objek yang ingin kalian panjangkan

4. Maka objek tersebut sudah memanjang sesuai batasan objek yang ada tadi.


Dapat disimpulkan perbedaan cara penggunaan dari metode ini adalah metode pertama dengan menjalankan perintan extend dengan cara menekan enter dua kali sedangkan pada metode kedua adalah dengan menekan enter satu kali untuk menjalankan perintah extend.

LihatTutupKomentar