Tutorial Cara Membuat Dimension Style di AutoCAD

Di artikel sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan cara menggunakan berbagai macam dimension. Nah, pada artikel kali ini topiknya masih tidak jauh berbeda yaitu bagaimana kita bisa membuat dimensi style yang baru di AutoCAD. 

Jujur waktu saya pertama kali menggunakan command dimension di AutoCAD, nilai objek yang saya ukur tidak terlihat ternyata setelah diperhatikan lagi tulisan dari dimension tersebut terlalu kecil sehingga tidak terlihat. Nah, disini saya mencoba mencari tahu bagaimana cara memperbesar tulisan ini. Sebenarnya bila dibesarkan secara manual bisa, tetapi akan sangat melelahkan jika harus membesarkannya satu persatu. 

Maka dari itu, kita perlu menggunakan command dimstyle atau dimension style dimana kita bisa mengatur mulai dari jenis tulisan, ukuran tulisan, skala, dan lainnya yang berhubungan dengan dimension. Disini saya tidak bisa menjelaskan semuanya, saya hanya akan menjelaskan beberapa bagian yang sering saya gunakan saja dari dimension style ini. Berikut tutorialnya :

1. Ketik dimstyle untuk mengaktifkan command dimension style

2. Nah, disini akan muncul sebuah tampilan Dimension Style Manager

3. Kalian bisa pilih new jika ingin membuat tampilan dimension style yang baru, dan kalian juga bisa pilih modify apabila kalian hanya ingin memodifikasi dimension style yang sudah ada. Disini, saya mencontohkan memilih new saja.

4. Selanjutnya, akan muncul lagi tampilan Create New Dimension Style, pada bagian new style name kalian bisa mengisi nama dimension style kalian bebas. Lalu, pada bagian start with, kalian pilih model dimension style yang ingin kalian jadikan acuan. Sebagai contoh saya menggunakan ISO-25.

5. Pertama, kita mulai pada tab lines, pada tab lines paling atas ada dimension lines artinya adalah disini kalian bisa mengatur warna garis, jenis garis, dan tebal garis dari garis dimension ini. Lalu bagian bawah ada extension line, artinya kalian bisa mengubah garis ekstensi atau maksudnya adalah garis samping kanan dan kiri dari dimension mulai dari warna, jenis dan tebal garis. Dan terakhir pada bagian kanan bawah ada offset from origin, artinya kalian bisa mengatur jarak dari objek ke garis ekstensi tergantung keinginan kalian.

6. Lanjut, pada tab symbols and arrows disini kalian bisa mengubah tanda yang menandakan awal dan akhir dari garis dimension. Perhatikan pada bagian arrowheads ada tiga tanda yaitu first, second, dan leader silakan kalian ubah sesuai keinginan kalian. Lalu, pada bagian arrow size kalian bisa mengubah ukuran dari simbol tersebut sesuai keinginan.

7. Selanjutnya pada tab text, disini kalian bisa mengubah tulisan atau nilai ukuran yang akan digunakan dalam gambar kalian nanti. Perhatikan pada bagian text appearance kalian bisa mengubah jenis tulisan, warna tulisan, dan warna background tulisan, lalu pada bagian text hight kalian bisa mengubah ukuran tulisan. Terakhir, pada bagian text placement di paling bawah ada pilihan offset from dimline, artinya kalian bisa menentukan jarak dari tulisan ke garis dimension. Silakan dicoba saja bila masih bingung

8. Terakhir, tab primary units kalian bisa mengubah skala dari dimension tersebut agar sesuai dengan gambar yang kalian inginkan kalian bisa menggantinya pada bagian scale factor. Masalah, cara untuk mengatur skala nya sudah saya jelaskan pada artikel Cara Mengatur Skala di AutoCAD.

9. Jika sudah selesai klik ok, lalu klik dimension style yang sudah kalian buat tadi selanjutnya klik set current yang artinya kalian ingin menggunakan dimension style tersebut untuk digunakan. Lalu, close maka dimension style yang telah kalian buat tadi sudah selesai. Jika, ada perubahan yang kalian inginkan, gunakan command dimension style lagi lalu klik modify lalu ubah sesuai keinginan kalian.

Nah, itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai dimension style. Yang saya jelaskan memang sedikit singkat tapi nanti saya akan coba membuat artikel yang menjelaskan lebih mendetail lagi ditunggu saja. Jangan lupa tinggalkan komentar mengenai artikel ini.

LihatTutupKomentar