5 Software yang Wajib Diketahui Mahasiswa Teknik Sipil

Untuk menghadapi dunia kerja yang penuh dengan tuntutan dan persaingan yang sangat ketat kita diwajibkan untuk  bisa memiliki nilai lebih atau nilai plus untuk bersaing di dunia kerja nanti. Kelebihan yang harus kita punya ini salah satunya adalah dengan menguasai software yang mendukung perkerjaan kita nanti. Kita dituntut untuk bisa menguasai software yang sesuai dengan bidang kita masing-masing untuk mengikuti perkembangan zaman kini. Sebagai mahasiswa teknik sipil tentu tidak asing lagi dengan beberapa software yang mendukung kegiatan perkuliahan. Selain mendukung kegiatan perkuliahan, software ini juga membantu kita nanti pada dunia kerja dimana kita harus menghadapi banyaknya pesaing. Berikut 5 software yang wajib diketahui mahasiswa teknik sipil

1. AutoCAD

AutoCAD adalah software yang paling wajib dikuasai bagi mahasiswa teknik sipil, sebagai mahasiswa teknik sipil pasti tidak asing lagi dengan aplikasi AutoCAD ini. Karena kebanyakan mata kuliah di teknik sipil memerlukan bantuan software ini dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Sedikit info, AutoCAD merupakan software yang digunakan untuk menggambar secara 2 dimensi dan juga gambar 3 dimensi yang memungkinkan penggunanya membuat gambar dengan bantuan komputer dan membuat perkejaan jauh lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

2. AutoCAD Civil 3d

AutoCAD Civil 3d tidak jauh beda dengan software AutoCAD itu sendiri, karena kedua aplikasi ini sama-sama dikembangan oleh Autodesk itu sendiri. Cara penggunaannya pun juga sama, namun AutoCAD Civil 3D memiliki lebih banyak fitur yang mendukung seorang civil engineering untuk melakukan pekerjaannya. AutoCAD Civil 3D merupakan pengembangan dari AutoCAD Land Dekstop, dan karena banyaknya fitur yang ada pada aplikasi ini sehingga membuat aplikasi ini cukup berat jika kalian menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi rendah.

3. SAP2000

SAP2000 adalah software yang digunakan untuk membantu kita dalam mengerjakan perhitungan analitis struktur. Mahasiswa teknik sipil juga wajib tahu aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan ketika kuliah. Aplikasi ini membantu kita dalam mengerjakan tugas kuliah khususnya mengenai materi struktur karena perhitungan yang kita kerjakan dengan menggunakan aplikasi ini jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menghitung manual yang akan menghabiskan berlembar-lembar dobel folio.

4. Tekla

Tekla adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat desain struktur yang memiliki pemodelan secara 3 dimensi. Beberapa mahasiswa di semester awal mungkin ada beberapa yang belum mengenal atau tahu aplikasi ini karena memang aplikasi ini jarang dipakai diperkuliahan dan dosen pun juga tidak mungkin untuk mengajari cara menggunakan aplikasi ini. Pihak kampus biasanya hanya memberikan berupa pelatihan yang diberikan pada waktu tertentu untuk mempelajari aplikasi ini. 

5. Global Mapper

Global Mapper adalah software pengolahan berbentuk GIS (Geographic Information System) yang digunakan untuk pengolahan data yang dikembangkan oleh Blue Marple Geographic yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan data 3d View, data elevasi, data, analisa data topografi, dan masih banyak lagi. Global mapper termasuk aplikasi yang jarang digunakan atau dalam artian digunakan pada mata kuliah tertentu saja. Namun, kalian juga wajib untuk menguasai aplikasi ini karena bisa membantu saat kalian sudah bekerja nanti.

LihatTutupKomentar