Tutorial Cara Membuat Dimensi untuk Elevasi Lantai Bangunan Pada Autocad

Seperti yang kita ketahui elevasi merupakan dimensi ketinggian bangunan, elevasi ini sangat penting sekali karena dengan ini kita mengetahui detail-detail ketinggian dari sebuah bangunan. Biasanya elevasi ini terletak di gambar potongan. Nah, untuk pemula pasti masih bingung dalam membuat elevasi bangunan khususnya pada gambar potongan. Karena jika dibuat secara manual akan memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya, sehingga diperlukan trik agar dalam membuat elevasi bangunan menjadi lebih cepat. Di Artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat elevasi bangunan pada AutoCAD.

Untuk membuat dimensi elevasi lantai bangunan kita akan menggunakan perintah dimlinier, tetapi kita perlu memodifikasi dimensi nya terlebih dahulu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Ketik D pada layer untuk mengaktifkan perintah dimstyle
2. Disini akan muncul tampilan Dimension Style Manager.

3. Langsung saja, untuk memodifikasi kita harus buat dahulu jenis dimension baru yang akan kita edit nantinya. Caranya klik tombol New
4. Nah, akan muncul tampilan create new dimension style. Pada bagian New Style Name ketik nama jenis dimension baru sesuai dengan yang kalian inginkan, misalkan saja saya disini memberi nama elevasi. Dan pada bagian start with saya menggunakan 100

5. Maka akan muncul tampilan Modify Dimesion Style, disinilah kita akan memodifikasi dimension agar sesuai dengan jenis dimension yang kita inginkan.
6. Pada option lines perhatikan extend beyond ticks dan baseline spacing yang sudah saya isi dengan angka 100. Perhatikan juga linetype ext line 1 dan linetype ext line 2 yang sudah saya ganti dengan ACAD_ISO07W100. Terakhir perhatikan juga Extend beyond dim line yang merupakan jarak dari titik asal ke tulisan yang sudah saya isi dengan angka 200 sedangkan pada offset from origin merupakan spasi dari jarak titik asal ke garis dimensionnya yang saya isi dengan angka 100.

7. Nah, pada option Symbols and Arrow saya menggunakan Architectural Tick. Pada bagian ini dan option line tadi sebenarnya tidak perlu untuk terlalu diikuti karena ini juga tergantung dari selera masing-masing dan kesesuaian dengan gambar masing-masing juga. Jadi, untuk langkah 6 dan 7 bisa kalian modifikasi sendiri sesuka hati kalian.

8. Terakhir, adalah mengedit option text, yang merupakan bagian terpenting agar bisa terbentuk dimensi untuk elevasi bangunan. Perhatikanlah bagian text placement pada bagian horizontal pilih lah Over Ext Line 2. Dan pada bagian text style, text height bisa kalian pilih saja sesuai selera saja, karena saya sudah memilih start with 100 jadi text height disini tidak bisa saya ganti. Tetapi tenang saja, text height bisa kita ganti secara manual dan akan saya jelaskan di langkah berikutnya.

9. Jika sudah, klik ok
10. Sekarang mulailah menggambar dimension. Jangan lupa tentukan dulu titik ±0 nya baru mulai mengambar. Caranya ketik DIMLIN pada layar autocad lalu tekan enter/space. Ingatlah selalu Tarik garis dimulai dari titik ±0  ke jarak yang diinginkan agar tulisan dimension tidak menumpuk di ±0.
11. Setelah selesai, kita perlu menambahkan tanda plus(+) atau minus (-) ke dalam angka nya. Caranya mudah sekali, dengan menekan ctrl + 1 pada keyboard. Lalu akan muncul tampilan properties, sekarang kalian blok tulisan yang ingin kalian beri tanda (+) lalu pada bagian text override beri tanda + sebelum tanda <>, dan akan menjadi +<>. Perhatikanlah sekarang seluruh tulisan sudah berisi tanda +. Untuk Tanda Min lakukanlah hal yang sama seperti langkah di atas.
Baca : Tutorial Teknik Dasar AutoCAD Part 1 - Menyeleksi Objek, Zoom, Pan
12. Sekarang kita akan mengubah linetype scale nya, karena jenis line yang saya pakai bentuknya titik-titik tetapi pada layar terlihat seperti tidak terjadi apa-apa pada line typenya. Maka saya perlu ubah linetype scale agar titik-titik nya menjadi lebih terlihat. Masih di dalam tampilan properties carilah linetype scale lalu ganti dengan angka yang menurut anda bisa membuat titik-titik menjadi terlihat, contohnya saya menggunakan scale 50 sehingga titik menjadi terlihat.
13. Sekarang kita akan mengganti scale dari tulisannya, karena tampilan yang saya punya ini tulisannya masih terlalu kecil maka tulisan akan saya perbesar. Sama seperti di atas kita menggunakan tampilan properties, caranya ganti bagian text override. Saya ingin mengganti scale tulisan dari yang awalnya 100 menjadi 180 maka kita ubah text override dari yang awalnya {\H1x;+<>} menjadi  {\H1.8x;+<>}, begitupun juga jika kalian ingin mengganti menjadi 200 maka ganti angka menjadi 2. Jika kalian ingin memastikan kalian bisa klik dua kali tulisan maka akan muncul menu text editor disitu akan terlihat scale tulisan kalian.

Hasil akhir akan menjadi seperti gambar di bawah ini :


LihatTutupKomentar